PEDOMAN KEGIATAN HUT PGRI KE 75 KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020

A. PENDAHULUAN

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi anggota organisasi profesi guru. Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya.

Sebagai penghormatan guru dan PGRI, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November, hari kelahiran PGRI, sebagai Hari Guru Nasional, yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI secara bersama-sama.

Pada  25 November 2020 ini PGRI genap berusia 75 tahun. Usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Selama kurun waktu tersebut banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang diberikan. Disamping itu telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan dan kendala yang telah dihadapinya.

Peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini akan diadakan sejumlah kegiatan yang direncanakan berlangsung sebelum 25 November 2020. Melalui kegiatan di berbagai tingkat dan jenjang ini diharapkan mampu meningkatkan eksistensi PGRI, menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat.

B. DASAR KEGIATAN

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  3. Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
  4. Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Penetapan Hari Guru Nasional tanggal 25 November 1994.

C. TUJUAN KEGIATAN

  1. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.
  2. Memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.
  3. Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru Profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu.
  4. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis, dan bersinambungan.
  5. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia.
  6. Mendorong kepedulian pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, dan bermartabat.

D. PANITIA

Penasehat         : Budi Santosa Asrori, S.E.,M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kota)

Pembina           : Drs.Sugeng Mulyo Subono (Ketua PGRI Kota Yogyakarta)

Ketua               : Muhammad Yuferi,S.Pd.

Wakil Ketua       : Cahyono,S.Ag.

Sekretaris          : Marsono,MM

Wakil Sekretaris : Sri Lestari,S.Pd.

E. Koordinator Kegiatan/ Lomba

No. Nama Giat Penanggungjawab Asal Instansi/PJ Keterangan
1 Giat Webinar Dra. Suwinarni, M.M.

Maryono, S.Pd., M.T,

SMAN 8

SMKN 3

Juknis dan Info Webiner
2  Lomba Sesorah Saridal,S.Pd.

Suprihatin, S.Pd

Cabang PA dan NG Juknis Lomba Sesorah
3 Lomba Video Pembelajaran Muryanto, S.Pd

Lilik Marwati, S.Pd

Cabang GK dan JT Juknis Lomba Video Pembelajaran
4 Lomba Bercerita dan Menyanyi Titi Nugraheni, S.Pd Cabsus IGTKI Juknis Lomba Bercerita 

Juknis Lomba Menyanyi

5 Lomba Geguritan Sutarji,M.Pd. Cahyono,S.Ag.  Cabang WB dan TR Juknis Lomba Geguritan
6  Lomba Artikel Ilmiah dan Best Practice Drs. Munjit N.A., M.M. SMAN 7 Juknis Lomba Artikel Ilmiah dan Best Practice
7 Lomba Poster Sri Wahyuni, S.Pd.SD

Arif Bintara, S.Pd

Cabang KR dan MJ Juknis Lomba Poster
8 Lomba Essay Arif Wicaksono, M.Pd.

Muh Safi’i, S.Ag., M.Pd.

Cabang UH dan SLB Juknis Lomba Essay
9 Lomba Cipta Puisi Esti Kartini, S.Pd

Dul Ngaziz, S.Pd

Cabang MG Juknis Lomba Cipta Puisi
10 Giat Antologi Puisi Agus Sutikno, M.Pd Cabang DN Juknis Giat Antologi Puisi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *