Juknis Lomba Artikel Ilmiah dan Best Practice

0

KEGIATAN WORKSHOP PENATALAKSANAAN PAK DAN PUBLIKASI ILMIAH

 A. Peserta Kegiatan

Peserta Kegiatan adalah guru SD, SLB, SMP,SMA-SMK Kota Yogyakarta, masing-masing jenjang 35 orang guru, sehingga peserta sebanyak 105 orang. Khusus untuk ASN diprioritaskan untuk CPNS, golongan IIIa sampai IIId, golongan IVa  jika dimungkinkan.

B. Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai tanggal 15 Oktober 2020 sampai tanggal 26 Oktober 2020, tetapi jika belum batas akhir kuota terpenuhi pendaftaran ditutup oleh sistem.

  1. guru SD dengan kuota 35 guru, pendaftaran melalui ly/PENDAFTARANWS-SD
  2. guru SLB dengan kuota 30 guru, pendaftaran melalui ly/PENDAFTARANWS-SLB
  3. guru SMP dengan kuota 35 guru, pendaftaran melalui ly/ PENDAFTARANWS-SMP
  4. guru SMA-SMK dengan kuota 35 guru, pendaftaran melalui ly/ PENDAFTARANWS-SMA-SMK

Peserta yang telah terdaftar akan menerima pemberitahuan melalui Nomor HP yang disertakan dalam pendaftaran

C. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan di Ruang AVA -2 ( bawah depan masjid )SMA Negeri 6 Yogyakarta, pada

  1. Kamis, 29 Oktober 2020, mulai pukul 07.30 – 14.00,untuk guru SD
  2. Jumat, 30 Oktober 2020, mulai pukul 07.30 – 14.00,untuk guru SMP
  3. Sabtu, 31 Oktober 2020, mulai pukul 07.30 – 14.00,untuk guru SMA – SMK
  4. Minggu, 1 Nopember 2020, mulai pukul 07.30 – 14.00,untuk guru SLB

D. Fasilitas bagi peserta

Peserta workshop mendapat fasilitas konsumsi, ATK, materi dan sertifikat.

 

LOMBA BEST PRACTICE – INOVASI PEMBELAJARAN

 A. Peserta Kegiatan

Peserta Kegiatan adalah guru SD, SLB, SMP,SMA-SMK Kota Yogyakarta, yang telah melakukan Best Practice  atau Inovasi pembelajaran  di kelas ampuannya di sekolah tempat bekerja antara bulan Juli 2019 sampai dengan  30 Oktober 2020.

 B. Cara Mendaftar

2.1. mengisi form pendaftaran mulai tanggal 15 Oktober 2020 sampai dengan 16 Nopember 2020 melalui link sebagaiberikut

  1. Guru Sekolah Dasar bit.ly/LOMBAKTI-SD
  2. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) bit.ly/ LOMBAKTI-SLB
  3. Guru Sekolah SMP bit.ly/ LOMBAKTI-SMP
  4. Guru Sekolah SMA-SMK bit.ly/ LOMBAKTI-SMA-SMK

 

2.2. Mengirim karya  Best Practice atau Inovasi Pembelajaran, sebanyak  3 rangkap, mulai tanggal 15 Oktober 2020 sampai dengan 16 Nopember 2020 ke Drs. Munjid Nur Alamsyah,MM., guru SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pada cover dituliskan kategori yang diikuti Best Practice atau Inovasi Pembelajaran sebanyak 3 rangkap.

C. Ketentuan Karya Tulis best practice, inovasi pembelajaran

1). Karya tulis best practice, inovasi pembelajaran belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis baik tingkat  kabupaten, Provinsi, Nasional serta belum pernah dipublikasikan sebagai Artikel maupun journal. Jumlah halaman maksimal 15 lembar tidak termasuk bagian awal dan lampiran.

2). Sistematika Karya tulis best practice

2.1. Bagian Awal

Terdiri atas halaman judul, lembar persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran serta abstraksi atau ringkasan.

2.2. Bagian Isi

  1. Pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat.
  2. Kajian teori, menguraikan terori yang relevan dengan permasalahan yang diangkat
  3. Pembahasan, berisikan pembahasan masalah yang didukung data dari sekolahnya, cara pemecahan masalah, termasuk hambatan yang harus diatasi dituangkan secara rinci.

2.3. Kesimpulan.

  1. 4.Bagian penunjang, memuat daftar pustaka, lampiran data yang digunakan dalam menyu sun best practice.

3) Kriteria Penilaian Best Practice

No Keriteria Skor

( 1 -100)

Bobot

(%)

Nilai ( skor x bobot)
A. KRITERIA UMUM      
  1. Waktu pelaksanaan kegiatan      
  2. Permasalahan sesuai dengan tugas gu ru di kelas      
  3. Sietematika sesuai ketentuan      
  JUMLAH   10 %  
B PENDAHULAN      
  1.  keterpatan latar belakang      
  2.  ketepatan rumusan masalah      
  3. kesuaian tujuan dengan rumusan ma salah      
  4. ketepatan rumusan manfaat      
  JUMLAH   15 %  
C KAJIAN TEORI      
  Kesesuaian kajian teori dengan permasalahan   25%  
D PEMBAHASAN      
  1.  Ketepatan data dengan permasalahannya      
  2.  Cara memecahkan masalah      
  3. Cara mengatasi hambatan yang muncul      
  JUMLAH   35%  
E KESIMPULAN   5%  
F LAMPIRAN PENUNJANG   10%  

 

3). Sistematika Inovasi Pembelajaran

3.1. Bagian Awal

Terdiri atas halaman judul, lembar persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran serta abstraksi atau ringkasan.

3.2. Bagian Isi

  1. Pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat.
  2. Kajian teori/ tinjauan pustaka
  3. Pembahasan, berisikan pembahasan masalah yang didukung data dari sekolahnya. Yang harus disajika adalah kejelasan ide atau gagasan asli penulis yang terkait upaya memeahkan masalah disekolahnya

3.3. Kesimpulan

3.4. Bagian penunjang, memuat daftar pustaka, lampiran data yang digunakan dalam me nyusun inovasi pembelajaran

3) Kriteria Penilaian Inovasi Pembelajaran

No Keriteria Skor

( 1 -100)

Bobot

(%)

Nilai ( skor x bobot)
A. KRITERIA UMUM      
  1. Waktu pelaksanaan kegiatan      
  2. Permasalahan sesuai dengan tugas gu ru di kelas      
  3. Sietematika sesuai ketentuan      
  JUMLAH   10 %  
B PENDAHULAN      
  1.  keterpatan latar belakang      
  2.  ketepatan rumusan masalah      
  3. kesuaian tujuan dengan rumusan ma salah      
  4. ketepatan rumusan manfaat      
  JUMLAH   15 %  
C KAJIAN TEORI      
  Kesesuaian kajian teori dengan permasalahan   25%  
D PEMBAHASAN      
  1.  Kesesuaian data dengan permasalahannya      
  2.  Kejelasan Ide penulis dalam upaya meme cahkan masalah      
  JUMLAH   35%  
E KESIMPULAN   5%  
F LAMPIRAN PENUNJANG   10%  

 

 4) Penghargaan Bagi Juara

Bagi peserta yang dinyatakan sebagai Juara 1 – 3 setiap jenjang, diberikan surat keterangan sebagai juara dan uang pembinaan. Pengumuman kejuaraan disampaikan pada tanggal 25 Nopember 2020, saat puncak peringatan HUT PGRI tingkat kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *